Live Chat Untuk Hotspot Mikrotik dengan Telegram

 Untuk membuat live chat mikrotik atau pada login page hotspot kita perlu mencari penyedia live chat terlebih dahulu, pada contoh kali ini saya akan memberikan tutorial memasang live chat pada template hotspot menggunakan intergram yang nantinya akan terhubung langsung pada aplikasi telegram di smartphone anda.


Namun telegram sendiri sudah menyediakan aplikasi mereka untuk platform dekstop yang bisa didownload langsung pada website resmi mereka: Telegram PC. Jadi jika anda lebih sering berada didepan komputer sebaiknya gunakan telegram desktop agar bisa membalas chat dari pelanggan dengan cepat.

Layanan dari intergram ini GRATIS. sangat mudah digunakan dimanapun anda berada chat dari klien akan tetap terpantau dan bisa langsung dibalas. Walaupun layanan ini gratis anda tetap bisa mengcustom tittle chat, warna bar chat, dan pesan ucapan lainnya.

Setelah saya jelaskan sedikit tentang layanan live chat intergram, sekarang saatnya kita lanjut untuk membuat live chat pada mikrotik / template hotspot.

Pastikan anda sudah memiliki akun telegram, pada menu pencarian ketikan @intergram, pastikan akun yang anda cari seperti gambar dibawah ini.




Sekarang klik profile intergram tersebut, kirimkan chat dengan format /start , tunggu beberapa saat sampai intergram mengirimkan anda kode unik yang nantinya akan dipakai sebagai kode untuk disematkan pada halaman login page mikrotik anda.




Sekarang buka folder template hotspot anda, yang pertama pasanglah kode script intergram pada login page agar nanti orang yang terhubung ke hotspot anda akan melihat icon live chat pada login page mikrotik anda. klik kanan file login.html kemudian edit menggunakan notepad.

Pastekan kode dibawah ini tepat diatas kode </body>

<script> 
    window.intergramId = "Your unique chat id";
    window.intergramCustomizations = {
        titleClosed: 'Closed chat title',
        titleOpen: 'Opened chat title',
        introMessage: 'First message when the user opens the chat for the first time',
        autoResponse: 'A message that is sent immediately after the user sends its first message',
        autoNoResponse: 'A message that is sent one minute after the user sends its first message ' +
                        'and no response was received',
        mainColor: "#E91E63", // Can be any css supported color 'red', 'rgb(255,87,34)', etc
        alwaysUseFloatingButton: false // Use the mobile floating button also on large screens
    };
</script>
<script id="intergram" type="text/javascript" src="https://www.intergram.xyz/js/widget.js"></script>

Pada "Yout Unique Chat ID" yang saya tandai dengan warna merah silakan diganti dengan kode unik yang diberikan intergram pada step sebelumnya. Sehingga nantinya akan seperti pada gambar dibawah ini.





Isi pesan dari TitleClosed, TitleOpen, IntroMessage, AutoResponse, AutonoResponse bisa anda ganti sesuai keingnan anda yang nantinya akan tampil pada box live chat.

Sampai disini cara membuat live chat mikrotik sudah selesai, anda bisa upload template hotspot tersebut ke mikrotik, namun live chat belum bisa tampil pada user hotspot yang belum login, bagaimana caranya supaya live chat bisa tampil pada user yang belum login?

Lakukan settingan Walled Garden pada mikrotik, buka winbox kemudian masuk ke menu IP > Hotspot > Walled Garden IP List, tambahkan pengaturan baru seperti gambar dibawah ini.




Selesai. Sekarang Live Chat akan tampil pada user hotspot yang belum login, untuk menambahkan live chat intergram pada halaman status, logout, dan lain-lain silakan lakukan langkah yang sama yaitu memasukan script intergram ke masing-masing file html.


Sumber : https://mikrotikjambi.blogspot.com/2018/06/cara-membuat-live-chat-hotspot-mikrotik.html

0 Komentar

Terbaru

  • Slide To Nigt Theme